Jumat, 22 Juli 2016

PENANGKAL PETIR ELEKTROSTATIS

PENANGKAL PETIR ELETROSTATIS 
Sebelum membahas tentang PENANGKAL PETIR ELEKTROSTATIS mari kita bahas dulu tentang apa sebenarnya elektrostis tersebut 
Pengertian Gaya elektrostatik 
Gaya elektrostatik adalah fenomena yang dihasilkan dari gerakan lambat atau muatan listrik stasioner. Hal ini dipelajari dalam disiplin ilmu yang dikenal sebagai elektrostatika oleh para peneliti yang menganalisis interaksi elektromagnetik.
Secara khusus, gaya elektrostatik adalah reaksi fisik yang memegang bersama medan elektromagnetik yang diciptakan oleh partikel-partikel subatomik, seperti elektron dan proton. Agar gaya elektrostatik untuk tetap kohesif, partikel-partikel ini harus independen mempertahankan muatan baik positif maupun negatif dan bereaksi yang sesuai satu sama lain.
Menurut hukum fisika, ada empat gaya fundamental yang menggambarkan reaksi partikel, salah satu yang dianggap gaya elektromagnetik , yang menghasilkan gaya elektrostatis dalam kondisi tertentu.
Gaya elektrostatik antara elektron dan proton adalah salah satu kekuatan terkuat di alam semesta, bahkan lebih kuat daripada gravitasi. Sebuah atom hidrogen, yang hanya berisi satu elektron dan satu proton, memiliki kekuatan fundamental gravitasi menjaganya agar tetap bersama-sama. Namun, setiap partikel subatomik dapat mengembangkan gaya elektrostatik juga, yang menjadi lebih kuat. Dalam fisika, hukum menyatakan bahwa besarnya gaya yang harus diberikan antara partikel adalah 1024 lebih kuat dari gravitasi sederhana. Setiap atom di alam semesta dalam keadaan alami mengandung bahkan jumlah proton dan elektron, menciptakan kehadiran yang kuat dari gaya elektrostatik.
Saat dua permukaan datang terjadi kontak satu sama lain, pertukaran muatan akan terjadi, sehingga akan mengembangkan gaya elektrostatik. Ketika resistensi hadir di salah satu bahan-bahan ini, muatan elektrostatik lebih jelas bagi pengamat. Bahan resistif mempertahankan muatan elektrostatik untuk jangka waktu yang lebih lama sampai muatan menjadi dinetralkan, seperti dengan kejutan statis.
Menggosok balon terhadap rambut membentuk gaya elektrostatik antara dua benda. Hukum Coulomb mendefinisikan teori dasar tentang gaya tarik-menarik elektrostatik dalam ilmu elektrostatika . Didirikan pada tahun 1780-an oleh seorang fisikawan Perancis bernama Charles Augustin de Coulomb. Dia memanfaatkan teori dasar elektromagnetisme untuk menentukan rumus dan persamaan yang mendefinisikan kekuatan elektromagnetik dan elektrostatik.
Salah satu contoh yang paling umum dari gaya elektrostatik yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari terjadi ketika seseorang membuka kemasan plastik. Seringkali, paket ini menjadi menempel pada jari seseorang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa paket, yang berisi sifat hambatan-elektrik, telah digosok-gosok pada permukaan lain, membangun sebuah muatan elektrostatik. Orang Yunani kuno adalah yang pertama untuk melihat konsep ini ketika mereka meneliti amber. Amber memiliki kemampuan untuk menarik partikel ketika digosok dengan bahan lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar